07 February, 2010

universiti teknologi petronas



blend with tropical rain forest inside
dari dulu dah denger tentang kampus ini. Konon dibangun di atas lahan bekas USM (University Sains Malaysia) yang terletak di kota baru sekitar 30 menit ke arah Lumut (jetty ke Pangkor Laut) dari ibukota Negeri Perak, Ipoh. Ipoh ini sendiri berjarak 250 km-an ke utara dari KL. UTP dirancang oleh arsitek kelas dunia berkebangsaan Inggris yang juga banyak berkiprah di kota2 besar Eropa serta Amerika, Sir Norman Foster.

ide yang ditawarkan SNF terbilang baru untuk negara berkembang (Malaysia saat itu) dengan tetap mempertahankan hutan hujan tropis eksisting sebagai bagian yang menyatu dengan bangunan dan lansekapnya. Bangunan disusun dengan pola bintang yang elemen garisnya berupa lengkung. setiap 1 garis lengkung merupakan zona yang berbeda mengidentifikasikan jurusan yang berbeda pula. seiring dengan perkembangan zaman, benar saja sekitar lahan banyak dikembangkan menjadi property dan real estate baru. sedang kampus UTP masih memiliki fitur hutan alami. dengan atmosfer yang sangat berbeda. di tengah kampus yang super-duper modern masih memiliki jungle-track dan Central-Park yang jauh lebih lebat dengan koleksi lebih beragam dibanding Kebun Raya Bogor.


desain bangunan boleh dibilang sederhana, sangat fungsional, tapi tetap modern dengan dominasi garis horisontal dan bukaan acak yang tersebar di setiap fasadnya. elemen estetis muncul dari konstruksi tenda pada ruang lansekap semi outdoor. tenda lengkung yang menghubungkan zona-zona akademik yang berbeda menaungi jalur pedestrian dengan skala yang gigantis. pertemuan-pertemuan garis lengkung ini menimbulkan pemandangan yang tidak terduga di daerah ujung 'bintang'. di titik keluar (Counselor) terdapat perpustakaan dan auditorium dengan proporsi gigantis ala parthenon (yunani). tiangnya tinggi terbuat dari beton bertulang tanpa finish mengitari void setinggi 10 lantai. ruang-ruang fungsional nampak intim, kecil dan kompak, namun ruang luar dan ruang-ruang antara nampak luas, lega dan membebaskan pengguna beraktivitas.. pengguna pasti tergoda untuk mendongak dan mendapatkan komposisi elemen bangunan yang menarik dengan skala raksasa.

demikian arsitek dan urban designer bisa menciptakan perilaku pengguna kawasan. students, staffs dapat bekerja dengan baik dan tenang dengan kualitas lingkungan premium yang mereka bisa dapat. kampus pun menjadi kebanggaan korporat Petronas setelah menara kembarnya yang tersohor di bandar utama. kesan elegan tidak lepas dari UTP bagi pengunjung dan warga sekitar. good job Sir

No comments:

Post a Comment